Langkah 1 (Afternoon Breeze)

IMG_4460
Pemandangan Kota Baubau, sebagai kota di mana langkah perjalanan saya dimulai

Langkah perjalananku pertama kali dijejakkan di sebuah Pulau bernama Buton. Kotanya bernama aneh, Baubau, tepatnya di Sulawesi Tenggara. Kata Bapak, aku pernah menginjakkan kaki di sana ketika aku masih kecil. Saat itu, aku masih tinggal di Ternate, Maluku Utara dan ingin pulang kampung ke Makassar menggunakan kapal pelni yang transit di Pelabuhan Kota Baubau. Pekerjaan bapak menuntut kami sekeluarga untuk pindah-pindah setiap beberapa tahun, instasinya menyebar pekerjanya ke setiap daerah. Entah untuk pemerataan atau apa, aku tidak begitu tahu. Tapi, selama itu mengasyikkan aku ikut saja.

Lanjutkan membaca Langkah 1 (Afternoon Breeze)

Merpati

Sumber: natgeowild
Sumber: natgeowild

Sebelum menulis judul, saya sebenarnya tidak tahu ingin memulai tulisan ini dengan tema apa. Dua hari yang lalu saya menghadiri Workshop Creative Writing yang diadakan fakultas saya di kampus, dengan bintang tamu Risa Saraswati. Teh Risa adalah salah satu penulis ternama di Indonesia, yangmana tulisannya selalu bertema Horor karen kemampuannya yang dapat melihat apa yang manusia biasa tidak dapat lihat.

Berkat dirinya, saya ingat bahwa banyak penulis muncul di permukaan karena blog. Saya, yang awalnya menginginkan blog  ini penuh dengan kisah menarik, juga tertarik dengan hal tersebut dan berniat untuk menggapai hal yang sama. Namun, ya, seperti itu, tulisan saya belum benar-benar menarik. Apalagi kegiatan saya di kampus yang mulai sibuk membuat saya ‘hampir’ melupakan dunia tulis-menulis.

Lanjutkan membaca Merpati